Sudahilah Sudah

Sudahilah Sudah
°°°°°°°°°°°°°°
"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka..." (QS. Al-Fath: 29)
"Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara ..." (QS. Al-Hujuraat: 10)
***
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tahukah kalian apa itu ghibah." Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: "Yaitu engkau menceritakan saudaramu apa yang tidak ia suka." Ada yang bertanya: Bagaimana jika apa yang aku katakan benar-benar ada pada saudaraku?. Beliau menjawab: "Jika padanya memang ada apa yang engkau katakan maka engkau telah mengumpatnya dan jika tidak ada maka engkau telah membuat kebohongan atasnya." (HR Muslim).
-Bulughul Maram, Kitab Kelengkapan - Hadits No. 1524-
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anha bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah mencaci maki orang yang telah meninggal dunia sebab mereka telah menerima balasan terhadap apa yang mereka perbuat." (HR Bukhari).
-Bulughul Maram, Kitab Kelengkapan - Hadits No. 1533-
***
Dan mari menjauhkan diri dari ikut berperan dalam segala ucap buruk tentang sesama, seperti sabda Nabi dalam riwayat Ahmad, "Janganlah seseorang menyampaikan padaku keburukan sesamanya; sungguh aku ingin jika bersua kalian, hatiku dalam keadaan bersih."
"Lisanmu," Kata Imam As-Syafi'i lagi, "Jangan pernah kau pakai untuk menyebut kekurangan orang. Karena seluruh dirimu adalah 'aib dan 'aurat, sedang tiap manusia punya lisan."
(dari buku Sunnah Sedirham Surga, Ust Salim A Fillah)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subulus Salam - Syarah Bulughul Maram oleh Imam Ash Shan'ani -rahimahullah- (part1)

Cerita Hujan